HAL YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM TES WAWANCARA

Mendapatkan pekerjaan merupakan tujuan bagi kebanyakan orang, terutama bagi seseorang yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. Orang yang baru menyelesaikan pendidikannya disuatu universitas atau disebuah jurusan keahlian tentu ingin sekali mendapatka pekerjaan yang sesuai dengan profesi kependidikannya tersebut.

Terlebih saat ini, persentase pencari kerja cukup tinggi. Seperti yang dipulis dilaman facebook  Jobs.ID 23 Agustus 2015 Disnaker Kedatangan 4 Ribu Pencari Kerja. Kemudian juga pada acara job fair tangsel yang dilansir  dari jakarta.bisnis.com tahun 2015 dihadiri 2000 orang pencari kerja per hari. Begitu antusiasnya orang saat ini untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan profesinya. Terlebih persaingan semakin berat, para pencari kerja semakin banyak sedangkan peluang lapangan kerja yang tersedia sesuai dengan profesi sangat minim sekali.

Terkadang proses yang dilewati juga sering diabaikan, dikarenakan minimnya pengetahuan yang dimiliki, hingga berdampak kepada kepada hasil yang dilalui.
Diambil contoh, wawancara misalnya yang merupakan salah satu bagian terpenting bagi sebuah perusahaan untuk menilai calon pekerjanya.

Beberapa tips yang dapat membantumu lebih siap dan sukses menghadapi wawancara kerja :

  1. Buat First Impression Positif, First impression adalah hal yang berpengaruh besar khususnya dalam wawancara kerja. Proses wawancaramu dapat menjadi lebih lancar dan mudah apabila kamu berhasil membuat first impression yang baik kepada interviewer. Untuk menciptakan kesan pertama yang baik, datanglah lebih awal sebelum jadwal interviewmu. Ini dapat menunjukkan bahwa kamu benar-benar berniat bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Selain itu, berjabat tanganlah dengan erat dan buat kontak mata yang baik dengan interviewer sepanjang wawancara. Tunjukkan bahwa kamu percaya diri untuk dapat diterima di perusahaan tersebut.
  2. Berpenampilan Baik, Penampilan yang baik bukan hanya tentang pakaian apa yang kamu pakai atau bagaimana kamu terlihat secara keseluruhan. Tapi, bagaimanakah berpenampilan baik itu? Banyak hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat penampilanmu sempurna, salah satunya adalah dari rambut. Jangan pernah melakukan interview kerja dengan rambut kacau. Selain itu, usahakan wajahmu terlihat alami dan jangan memakai make up secara berlebihan. Perhatikan juga bagian kuku supaya tidak panjang dan terlihat kotor. Pakai parfum dengan aroma tidak menyengat dan kenakan pakaian profesional dengan warna yang terkoordinasi 
  3. Lakukan Riset, Salah satu pertanyaan yang banyak pelamar tidak bisa jawab adalah, "Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini dan posisi apa yang Anda lamar?" Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan melakukan penelitian pada perusahaan tersebut sebelum proses wawancara. Cari informasi mendalam mengenai perusahaan dan posisi yang kamu inginkan. Ini tidak hanya membuat kamu lebih siap untuk wawancara, tetapi juga membantumu untuk tampil cerdas, berpengalaman dan berpengetahuan luasi. Melakukan penelitian adalah hal yang wajib dilakukan oleh pelamar apabila ingin wawancaranya berjalan sukses.
  4. Antusias dan Percaya Diri, Apakah kita boleh berbohong saat menjawab pertanyaan wawancara?Tentu saja para Manajer, HRD, bahkan konsultan karirpun akan sepakat dan menjawab "Jangan pernah berbohong ketika wawancara kerja". Sebagai pencari kerja, suatu keharusan untuk menjaga track record agar kita mempunyai nama baik di perusahaan yang akan kita lamar. Kita tidak sepatutnya berbohong agar kita terlihat layak untuk mendapat pekerjaan tersebut. Berbohong dapat berdampak buruk bagi kelangsungan karir kita saat perusahaan mengetahui kebenarannya. Tapi tidak berarti kita harus memaparkan hal-hal negatif yang ada pada diri kita saat wawancara. Jawablah dengan jujur bila interviewer membahas tentang salah satu kekurangan kita, namun jangan paparkan hal yangdapat menyudutkanmu jika interviewer tidak menanyakannya.
  5. Berikan Jawaban Cerdas, Hal yang perlu kita perhatikan saat proses wawancara adalah memahami setiap pertanyaan yang diajukan dan berikanlah jawaban yang tepat. Jangan berbelit dalam menjelaskan karena akan memberikankesan tidak fokus pada pertanyaan. Jawablah pertanyaan secara singkat dan padat. Usahakan tak lebih dari dua menit untuk setiap pertanyaan.
Selain itu, jangan pernah memberikan jawaban "tidak" secara mentah-mentah terhadap pertanyaan yang diberikan. Contohnya saat kamu tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan aplikasi photoshop dan interviewer menanyakan, "Apakah kamu bisa menggunakan photoshop?", maka jangan menjawab "Saya tidak bisa" dan berhenti sampai disitu. Berikanlah jawaban yang menggambarkan bahwa kamu akan berusaha untuk menguasai apa yang kamu tidak bisa lakukan. 

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar sukses menghadapi wawancara kerja. Yang terpenting jangan pernah menyerah dan putus asa jika kamu mengalami kegagalan. Karena kegagalanmu sekarang adalah pengalaman yang akan menjadi kunci suksesmu di masa mendatang.
Sumber : http://daihatsu.co.id
 a


0 komentar:

Copyright © 2013 Syafri Salmi, S.Pd.I